Senin, 10 Maret 2014

E - Mail

 E-mail merupakan salah satu fasilitas di internet yang paling sering digunakan dan paling populer. E-mail merupakan singkatan dari Elektronic Mail yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah “surat elektronik”. E-mail berfungsi sebagai sarana untuk mengirim surat atau pesan melalui jaringan Internet. E-mail banyak digunakan karena mudah dikirim dan cepat sampai ke tujuan bahkan ke tujuan yang berjarak mencapai ribuan kilometer.

Jika kita ingin mendaftar dan bergabung di facebook, twitter, blog, dan lain-lain maka kita harus punya alamat e-mail. Adanya e-mail membuat kita memiliki alamat resmi di dunia maya. Semua pesan melalui jaringan internet akan ditujukan ke alamat e-mail kita itu. Selain pesan berupa tulisan, kita juga dapat mengirim e-mail berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara. Dan kita dapat membuka e-mail kita di mana saja dan kapan saja, asalkan terkoneksi dengan internet.

Jika kita ingin mengirimkan pesan ke teman melalui e-mail, maka dia itu harus memiliki alamat e-mail juga. Dan kita juga harus bisa mengingat username dan password e-mail yang kita punya. Karena jika kita lupa, maka kita akan kesulitan untuk bisa membuka e-mail.

Selain memiliki kelebihan-kelebihan dibandingkan dengan surat biasa, e-mail juga mempunyai beberapa kekurangan. Jika kita kurang hati-hati dalam menuliskan alamat e-mail yang akan di tuju, maka pesan kita itu akan salah masuk ke e-mail orang lain yang tak di kenal. Dan juga, e-mail sangat rawan untuk di sadap atau di curi data-datanya untuk digunakan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab untuk kepentingannya dan hal ini dapat merugikan si pemilik e-mail.

Oleh karena itu, setiap mau keluar dari e-mail kita jangan lupa untuk meng-klik tombol sign out atau logout sebagai tanda bahwa kita sudah selesai menggunakan e-mail. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga keamanan e-mail jika komputermu dipakai oleh banyak orang, atau di tempat umum seperti warnet (Warung Internet).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar